Jumat, 23 Oktober 2015

Desain Pemodelan Grafik

Pada artikel kali ini ataupun tugas kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafik. Berikut saya akan menjelaskannya secara detail :


  1. Pengertian Desain pemodelan grafik
Sebelum kita membahas tentang desain pemodelan grafik, maka kita perlu tahu terlebih dahulu arti dari masing-masing kata tersebut. Desain adalah sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Atau sebuah hasil akhir dari  proses kreatif,baik berwujud proposal, rencana,atau berbentuk benda nyata. Pemodelan adalah proses pembentukkan pola utuk menghasilkan sesuatu. Sedangkan grafik adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Jadi arti dari Desain pemodelan grafik adalah adalah proses menghasilkan suatu citra suatu objek baik dalam 3d maupun 2d.atau suatu proses pembuatan kerangka rancangan yang meliputi pembuatan pola untuk menghasilkan suatu objek berupa gambar.

     2. Sejarah Desain Pemodelan Grafik
  •     1851 The Great Exhibition :
     Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.
  •     1910, Modernisme :
      Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modern adalah "Form follow Function" yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan “estetika mesin”
  • 1916, Dadaisme dan De Stij :
  •  1918 - 1919, Constructivism dan Bauhaus
  • 1928-1930, 
Gill SansTipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).
  • 1950s, International Style International atau Sw
  • 1961 : 
Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
  • 1963 : 
Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector) Mouse oleh Douglas Englebert
  • 1970 : 
Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
  • 1972 : 
Ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
  • 1974 : 
Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
  • 1976 : 
Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
  • 1977 : 
Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  •  Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: 
Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
  • 1982 : 
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
  • 1984 : 
Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
  • 1986 : 
Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
  • 1995 : 
Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
  • Akhir tahun 90-an, 
Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
  •  Tahun 2000 
Ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering

           3. Batasan Media

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

     4. Unsur-unsur pemodelan grafik
  •          Garis (Line)
  •       Bentuk (Shape)
  •      Tekstur (Texture)
  •      Ruang (Space)
  •      Ukuran (Size)
  •      Warna (Color)

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer.

     5. Tools-tools untuk permodelan grafik, yaitu:

             ·       Desktop publishing;
         
Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe IndesignCoreldraw, GIMP, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe image ready, CorelDraw, Adobe Page Maker, Paint Tool SAI.

             ·       Web Desain;
                      
      Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Notepad, Adobe Photoshop.

             ·       Audio Visual;

Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Ulead Video Studio, Magic Movie Edit Pro, Power Director.

             ·       Rendering 3 Dimensi;
               
3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, Blender, Softimage

     6. Manfaat Desain Pemodelan Grafik
  •               Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer di bidang pendidikan ini digunakan ketika para siswa ingin mempresentasikan objek-objek secara nyata tidak hanya teori saja melalui kata-kata tetapi dengan suatu bentuk penggambaran bidang, ruang ,grafik,gambar,dll. maka kita perlu melakukan penggunaan desain grafis ini.

  •         Di Bidang Hiburan

Grafik komputer di bidang hiburan pada jaman seperti sekarang ini banyak acara hiburan di tv maupun dari smartphone banya menggunakan grafik komputer dimana diselipi berupa efek animasi atau apapun itu yang menarik untuk dipandang dan agar nampak secara nyata.     

  •         Di Bidang Perancangan

Grafik komputer di bidang perancangan ini biasanya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan desain kendaraan dan lainnya.  

     7. Kesimpulan

Desain pemodelan grafik adalah proses menghasilkan suatu citra suatu objek baik dalam 3d maupun 2d.atau suatu proses pembuatan kerangka rancangan yang meliputi pembuatan pola untuk menghasilkan suatu objek berupa gambar. jadi untuk menghasilkan sutu objek 2d ataupun 3d maka diperlukan desain pemodelan grafis ini sehingga akan menghasilkan suatu rancangan yang nampak nyata ataupun menarik dan juga akan mengasah kreatif kita untuk membuat pola atau bentuk secara nyata.

     8. Daftar Pustaka



2 komentar:

  1. Terima kasih artikelnya sngat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentangdesain pemodelan grafik
    www.atmaluhur.ac.id
    https://nirma.mahsiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikelnya sngat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentangdesain pemodelan grafik.
    Kungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id


    BalasHapus