Pada artikel kali ini ataupun tugas kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafik. Berikut saya akan menjelaskannya secara detail :
- Pengertian Desain pemodelan grafik
Sebelum kita membahas tentang
desain pemodelan grafik, maka kita perlu tahu terlebih dahulu arti dari masing-masing
kata tersebut. Desain adalah sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya. Atau sebuah hasil akhir dari proses kreatif,baik berwujud proposal,
rencana,atau berbentuk benda nyata. Pemodelan adalah proses pembentukkan pola
utuk menghasilkan sesuatu. Sedangkan grafik adalah presentasi visual pada
sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu
bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Jadi
arti dari Desain pemodelan grafik adalah adalah proses menghasilkan suatu citra
suatu objek baik dalam 3d maupun 2d.atau suatu proses pembuatan kerangka
rancangan yang meliputi pembuatan pola untuk menghasilkan suatu objek berupa
gambar.
2. Sejarah Desain
Pemodelan Grafik
- 1851 The Great Exhibition :
Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada
saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta
merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa
struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang
dirancang oleh Joseph Paxton.
- 1910, Modernisme :
Modernisme terbentuk
oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang
menjadi nafas desain modern adalah "Form follow Function" yang di
lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah
mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain
tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya tradisi
yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan “estetika
mesin”
- 1916, Dadaisme dan De Stij :
- 1918 - 1919, Constructivism dan Bauhaus
- 1928-1930,
- 1950s, International Style International atau Sw
- 1961 :
- 1963 :
- 1970 :
- 1972 :
- 1974 :
- 1976 :
- 1977 :
- Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an:
- 1982 :
- 1984 :
- 1986 :
- 1995 :
- Akhir tahun 90-an,
- Tahun 2000
3. Batasan Media
Desain grafis pada
awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah
berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa
diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
4. Unsur-unsur pemodelan grafik
- Garis (Line)
- Bentuk (Shape)
- Tekstur (Texture)
- Ruang (Space)
- Ukuran (Size)
- Warna (Color)
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah
ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer.
5. Tools-tools untuk permodelan grafik, yaitu:
· Desktop
publishing;
Adobe Photoshop, Adobe Illustrator,
Adobe IndesignCoreldraw, GIMP, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe image ready,
CorelDraw, Adobe Page Maker, Paint Tool SAI.
· Web
Desain;
Adobe Dreamweaver, Microsoft
Frontpage, Notepad, Adobe Photoshop.
· Audio
Visual;
Adobe After Effect, Adobe Premier,
Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Ulead Video Studio,
Magic Movie Edit Pro, Power Director.
· Rendering
3 Dimensi;
3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google
SketchUp, Light Wave, Blender, Softimage
6. Manfaat Desain Pemodelan Grafik
- Di Bidang Pendidikan
- Di Bidang Hiburan
Grafik
komputer di bidang hiburan pada jaman seperti sekarang ini banyak acara hiburan
di tv maupun dari smartphone banya menggunakan grafik komputer dimana diselipi
berupa efek animasi atau apapun itu yang menarik untuk dipandang dan agar
nampak secara nyata.
- Di Bidang Perancangan
Grafik
komputer di bidang perancangan ini biasanya digunakan untuk mendesain suatu
arsitektur bangunan desain kendaraan dan lainnya.
7. Kesimpulan
Desain pemodelan grafik
adalah proses menghasilkan suatu citra suatu objek baik dalam 3d maupun 2d.atau
suatu proses pembuatan kerangka rancangan yang meliputi pembuatan pola untuk
menghasilkan suatu objek berupa gambar. jadi untuk menghasilkan sutu objek 2d
ataupun 3d maka diperlukan desain pemodelan grafis ini sehingga akan
menghasilkan suatu rancangan yang nampak nyata ataupun menarik dan juga akan
mengasah kreatif kita untuk membuat pola atau bentuk secara nyata.
8. Daftar Pustaka
Terima kasih artikelnya sngat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentangdesain pemodelan grafik
BalasHapuswww.atmaluhur.ac.id
https://nirma.mahsiswa.atmaluhur.ac.id/
Terima kasih artikelnya sngat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentangdesain pemodelan grafik.
BalasHapusKungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id
dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id