Jumat, 04 April 2014

Komentar Tentang Meninggalnya Ade Sarah

TUGAS IBD (ILMU BUDAYA DASAR)

Sehubungannya pada tugas IBD kali ini saya akan membahas tentang meninggalnya Ade Sarah.Berita tentang meninggalnya seorang remaja 19 tahun yang meninggal secara tidak wajar ini sudah banyak didengar oleh khalayat umum atau masyarakat luas. Sehingga membuat masyarakat memberikan respon atau perhatian yang besar terhadap meninggalnya Ade Sarah. Berikut ulasan tentang pembunuhan Ade Sarah

Solopos.com, JAKARTA–Pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto,19, telah direncanakan oleh sejoli Ahmad Imam Al-Hafitd,19, dan Assyifa alias Sifa,19. Atas pembunuhan berencana itu, pasangan kekasih itu terancam hukuman mati.

Rikwanto menjelaskan, pembunuhan terhadap Sara itu sudah direncanakan lebih dahulu oleh pasangan sejoli itu. Pembunuhan direncanakan dalam tempo sepekan, sebelum akhirnya korban dihabisi nyawanya, pada Selasa (4/3) malam lalu.

Hafitd yang merupakan mantan pacar korban, diduga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk membunuh korban. Hal ini berdasarkan penemuan adanya alat setrum yang digunakan untuk menganiaya korban.

“Alat setrum ini sedang didalami dari mana didapatnya,” imbuh Rikwanto.

Keterangan sementara, tersangka Hafidd mengaku berniat membunuh korban karena sakit hati karena Sara tidak mau lagi dihubungi oleh tersangka.

“HF (Hafitd) ini masih ada hati sama korban, kemudian dia telpon korban enggak pernah diangkat, SMS juga nggak dibalas sampai nanya ke teman-temannya pun tidak dijawab,” paparnya.

Sementara Sifa, mengaku ikut melakukan pembunuhan karena terdorong rasa cemburunya kepada Sara. Kesempatan ini, ia gunakan agar bisa merebut hati Hafid seutuhnya.

“Sifa ini pacar baru HF, dia cemburu kalau nantinya HF kembali lagi ke korban,” imbuhnya.

“Akhirnya mereka bersepakat untuk membunuh korban, kemudian dicari waktu dan cara yang tepat untuk membunuh korban,” lanjutnya.

Sepekan setelah keduanya merencanakan, Hafidd menggunakan Sifa untuk menghubungi Sara. Sifa kemudian menghubungi Sara untuk menemuinya di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Namun rupanya, Hafitd sudah berada di lokasi, di dalam mobil Kia Visto miliknya. Sifa kemudian membawa korban ke dalam mobil tersebut. Setelah ngobrol basa-basi, Hafid dan Sifa kemudian menganiaya korban hingga tewas. Setelah itu korban dibuang di pinggir Tol Bintara KM 49 Kota Bekasi, Rabu (5/3) dini hari.

  • Latar belakang Pembunuhan Ade Sarah
Menurut artikel diatas latar belakang pembunuhan ade sarah adalah karena hafitd mengaku kesal lantaran Ade Sara yang merupakan mantan pacarnya enggan berhubungan lagi dengannya dan sedangkan   Assyifa sendiri takut kalau hafitd dan Ade Sarah balikan lagi sehingga membuat kedua pelaku melakukkan tindakan pembunuhan kepada Ade Sarah. Dan Menurut Saya pembunuhan tersebut sudah direncanakan oleh pelaku karena ditemukan barang bukti yang digunakannya.

  • Menurut Psikolog dan pandangan saya 
Menurut penjelasan dari A. Kasandra Putranto, Psikolog dari Kasandra & Associate. Kasandra mengatakan fenomena kenakalan remaja tidak bisa disalahkan sepenuhnya kepada anak."Bisa jadi fenomena seperti itu , karena dia tidak mendapatkan sesuatu dari rumah,".Selain itu, penyebab lain adalah anak sering mendapatkan kekerasan dari lingkungan di rumah. "Pelampiasan itu bisa jadi dengan menyakiti orang lain untuk melepaskan kekesalannya itu."

Selain itu Peristiwa ini secara umum menandakan adanya pergeseran nilai moral dan nilai etika di tengah masyarakat yang terjadi dalam 10 tahun terakhir. Akibatnya, banyak masyarakat, termasuk generasi muda, yang sudah kehilangan kemampuannya untuk me-manage dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada dirinya dengan baik dan dengan cara yang benar. Sehingga mereka justru cenderung menyelesaikan masalah yang ada, dengan mengambil jalan pintas yakni melenyapkan siapapun atau apapun yang dianggap menjadi sumber masalahnya," katanya.Bahkan, tambah Kasandra, cara-cara kekerasan dianggap menjadi trend yang biasa, dan dianggap cara terbaik dan termudah demi terselesaikannya masalah mereka.

Dan Menurut pendapat saya tentang artikel diatas adalah tindakan yang dilakukan oleh pelaku sangat tidak manusiawi atau tindakan yang sangat keji dan tindakan yang sangat tidak tahu malu, sehingga mereka tega melakukan tindakan pembunuhan tersebut Ade Sarah. Dan menurut saya tindakan tersebut terjadi karena anak atau pelaku sering mendapatkan pelakuan kekerasan di lingkungan sekitarnya dan karena pelaku takut, kesal atau tidak mendapatkan sesuatu dari dirinya  dendam atau cemburu sehingga membuat mereka melakukan perbuatan itu.

Dan untuk mencegah perbuatan pembunuhan tersebut maka :

  • Mengajarkan tentang Agama dimana tindakan pembunuhan itu dilarang oleh agama karena perbuatan itu dosa besar. 
  • Sejak dini orang tua perlu menanamkan bahwa di balik suatu tindakan, pasti ada konsekuensinya. Ini pesan psikolog bagi orang tua agar anaknya terhindar dari perbuatan seperti yang dilakukan Hafitd dan Sifa,
  • Orang tua harus memberikan kesempatan kepada anak untuk membuat keputusan moral. 
  • Orang tua sebaiknya mendidik dan mengajarkan moral kepada anak sejak usia dini. Ketika ada perubahan perilaku pada anak dan diketahui oleh orang tua, sudah sepantasnya orang tua melakukan pendekatan kepada anak dengan mengajaknya berbicara.

Sekian dari saya ulasan tugas IBD tentang meninggalnya Ade Sarah atau tentang pembunuhan Ade Sarah, Terima Kasih.

Daftar Pustaka






Tidak ada komentar:

Posting Komentar