Rabu, 01 Oktober 2014

CLOUD COMPUTING

Tugas Softskill Pengantar Teknologi Internet & New Media

  • Pengertian Cloud Computing
Cloud Computing terdiri dari 2 kata, yaitu Cloud dan Computing. Cloud memiliki arti awan, sedangkan Computing yang berasal dari kata Compute jika diartikan memiliki arti perhitungan. Maka Cloud Computing merupakan komputasi atau perhitungan yang dilakukan di awan. Awan yang dimaksud disini adalah jaringan internet.

Komputasi awan (Cloud Computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet(awan). Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.
  • Sejarah Cloud Computing
Pada tahun 1960-an John Mc Carthy, seorang pakar komputasi Massachussetts Institute of Technology (MIT), menyampaikan visi bahwa “suatu hari nanti komputasi akan menjadi infrastuktur public seperti listrik dan telepon”. Pada tahun 1995, pendiri Oracle, Larry Ellison memunculkan ide “Network Computing” sebagai kampanye untuk menggugat dominasi Microsoft yang saat itu merajai Desktop Computing dengan Windows 95. Ide “Network Computing” sempat menghangat dengan munculnya beberapa pabrikan seperti Sun Microsystem dan Novell Netware yang menawarkan Network Computing client sebagai pengganti desktop.

Pada awal tahun 2000 popularitas Cloud Computing semakin terkenal, seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan semakin banyaknya teknik untuk mengembangkan perangkat lunak terutama berbasis web. Hingga sampai sekarang mulai muncul nama-nama besar yang mengembangkan atau menggunakan cloud computing.
  • Jenis-jenis layanan cloud computing
a.       Software as a Services (SaaS)
Adalah layanan cloud computing dimana tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan.
b.      Platform as a Services (PaaS)
Adalah layanan cloud computing yang dimana kita menyewanya untuk menjalankan aplikasi yang kita buat.

c.       Infrastructure as a Services (IaaS)
Adalah layanan cloud computing yang dimana kita bias menyewa infrastruktur IT(seperti komputasi, storage, memory, network, dsb).
  • Kelebihan dan kekurangan Cloud Computing
·         Kelebihan

a)   Tidak membutuhkan computer canggih untuk menjalankan web berbasis aplisai cloud computing.
b)   Computer lebih cepat pada saat booting dan processing
c)   Biaya murah atau lebih rendah
d)  Dapat melakukan tugas yang jauh lebih besar dibandingkan pc
e)   Kapasitas yang hampir tidak terbatas
f)    Dapat diakses dimana saja
g)   Siapapun dapat bekerja samadalam waktu yang sama
h)   Data yang disimpan akan tetap berada di cloud

·         Kekurangan

a)   Cloud tidak dapat dilakukan jika kita tidak terhubung ke internet.
b)   Membutuhkan bandwith yang besar untuk aplikasi berbasis web.
c)   Jika jaringan internet sedang lambat ketika kita sedang mengakses dokumen, maka kita tidak akan dapat akses instan seperti biasa dengan aplikasi desktop.
d)  Aplikasi cloud yang berbasis web fiturnya tidak selengkap aplikasi desktop.
e)   Ketika kita sedang off meskipun data tidak akan hilang tetapi kita tidak memiliki cadangan fisik.
  • Karakteristik Cloud computing
a)   On-Demand Self-Services
Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui  mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan.

b)   Broad Network Access
Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan.

c)   Resource Pooling
Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien.

d)  Rapid Elasticity
Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan (atau menurunkan) kapasitas sesuai kebutuhan.

e)   Measured Service
Sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena nantinya akan digunakan dalam proses pembayaran. Harap diingat bahwa layanan  cloud computing dibayar sesuai penggunaan, sehingga harus terukur dengan baik.


Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar