Selasa, 30 Desember 2014

MEDIA SOSIAL

      TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET & NEW MEDIA

      A.    Pengertian Media Sosial dan pembahasannya   

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Selain itu sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.


Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :

         1.      Social Networks adalah media media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
         2.      Discuss adalah media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan               dan diskusi.
         3.      Share adalah media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll.
         4.      Publish
         5.      Social Game adalah media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-             sama.
         6.      MMO
         7.      LiveStream
         8.      dll

Sosial media juga meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.

Sosial media yang sering digunakan masyarakat masa kini adalahJejaring sosial. Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Twitter, dll. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.       
   
Ketika teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini jejaring sosial bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan tampak mulai menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita. konvensional dalam menyebarkan berita-berita.Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri..

      B.     Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :

          ·       Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak                   orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
          ·         Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
          ·         Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya.
          ·         Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

      C.    Peran Media Sosial

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

      D.    Fungsi Media Sosial

Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :

          ·         Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi  konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.

         ·         Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.

         ·         Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

         ·         Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.   
   
      E.     Dampak Media Sosial

             1.      Dampak Positif Sosial Media                                                         
·   Memperluas jaringan pertemanan. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
·     Remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
·         Memudahkan dalam memperoleh informasi..
·     Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati.
·        Memudahkan remaja untuk sharing atau berbagi.
·        Bisa di jadikan tempat iklan bagi remaja yang melakukan usaha online.

            2.      Dampak Negatif Sosial Media.

·         Remaja menjadi kecanduan untuk menggunakan jejaring sosial tanpa tahu waktu.
·    Remaja menjadi malas berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika remaja tersebut terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
·   Situs jejaring sosial akan membuat remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
·    Menjadikan seorang remaja menjadi malas belajar karena sering menggunakan jejaring sosial untuk bermain game yang ada di situs tersebut.
·    Menyebabkan kurangnya sopan santun remaja saat ini. Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul.

Kesimpulannya adalah semakin canggih tekhnologi yang ada seperti media sosial yang berkembang pesat maka kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Seperti mengambil yang baiknya saja dan jauhkan hal-hal yang buruk. Bagaimanapun kita harus mengikuti perkembangan jaman agar tidak gaptek tekhnologi.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar