Selasa, 30 Desember 2014

Keamanan Jaringan Wireless (Security Network)

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET & NEW MEDIA

Pada artikel kali ini akan membahas tentang keamanan network, dimana network yang dibahas kali ini adalah wireless network. Sebelum membahas tentang keamanan wireless network sebaiknya kita mengenal pengertian wireless network, berikut penjelasannya:

      A.    Pengertian Wireless Network

Wireless network atau jaringan tanpa kabel adalah salah satu jenis jaringan berdarsarkan media komunikasinya, yang memungkinkan perangkat-perangat didalamnya seperti komputer, hp, dll bisa saling berkomunikasi secara wireless/tanpa kabel. Wireless network umumnya diimplementasikan menggunakan komunikasi radio. Implementasi ini berada pada level lapisan fisik (pysical layer) dari OSI model. Atau  adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.


Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.

Pada pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pada jaringan wireless ini, walupun banyak sekali keuntungan pasti ada kelemahan pada sistem keamanannya, berikut kelemahannya :

      B.    Kelemahan Jaringan Wireless

            ·         kelemahan pada konfigurasi
            ·         kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan.
            ·         WEP (Wired Equivalent Privacy) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya, saat              ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.

Selain itu juga terdapat kelemahan yang lain seperti berikut :

            ·         Kelemahan Wireless pada Lapisan Fisik

Wifi menggunakan gelombang radio pada frekwensi milik umum yang bersifat bebas digunakan oleh semua kalangan dengan batasan batasan tertentu menyebabkan berbagai kemungkinan  aktifitas-aktifitas antara lain .

o    Interception atau penyadapan
o    Injection
o    Jamming
o    Locating Mobile Nodes
o    Access Control
o    Hijacking

           ·         Kelemahan pada Lapisan MAC (Data Layer)

Pada lapisan ini terdapat kelemahan yakni jika sudah terlalu banyak node (client) yang menggunakan channel yang sama dan terhubung pada AP yang sama, maka bandwidth yang mampu dilewatkan akan menurun. Selain itu MAC address sangat mudah di spoofing (ditiru atau di duplikasi) membuat banyak permasalahan keamanan. Lapisan data atau MAC juga digunakan dalam otentikasi dalam implementasi keamanan wifi berbasis WPA Radius (802.1x plus TKIP/AES).

      B.     Langkah Pengamanan Jaringan

a)      Ubahlah Sistem ID (Identitas)
Biasanya suatu layanan nirkabel dilengkapi dengan suatu standart pengamanan identitas atau yang sering disebut SSID (Service Set Identifier) or ESSID (Extended Service Set Identifier). Sangat mudah bagi seorang hacker untuk mencari tahu identitas default dari suatu layanan atau jaringan, jadi sebaiknya Anda segera mengubahnya menjadi suatu identitas yang unik, yang tidak mudah ditebak orang lain.
b)      Mematikan identitas pemancar
c)      Sediakanlah enkripsi
d)     Membatasi dari penggunaan traffic yang tidak perlu
e)      Ubahlah ‘kata sandi’ default Administrator milik Anda
f)       Kunci dan lindungilah komputer Anda
g)      Enable MAC Filtering
h)      Captive Portal
   
      C.    Kesimpulan

Banyaknya pengguna yang menggunakan wireless saat ini memudahkan para hacker memanfaatkannya dengan ilegal, maka dari itu kita harus mencegah atau membuat pengamanan wireless seperti langkah diatas atau menyetting wirelessnya.

Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar