Senin, 20 April 2015

Pengembangan Web dan Bahasa Pemrograman Web

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR WEB SCIENCE

Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang Pengembangan Web dan Bahasa Pemrograman Web, dimana sebelumnya saya akan membahas tentang pengembangan web, berikut saya akan menjelaskan setelah gambar berikut :


      1.     Pengembangan Web

1.   Definisi Pengembangan Web
Pengembangan web pada sisi klien merupakan salah satu pengembangan yang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cukup dengan sebuah browser dan teks editor (yang hampir selalu diikut sertakan dalam sistem operasi) anda sudah dapat langsung memulai pengembangan! Tetapi tentunya terdapat banyak perangkat pengembangan yang akan sangat memudahkan anda dalam membuat website yang sangat bagus. Bagian ini akan memberikan daftar perangkat pengembangan yang diperlukan, serta penjelasan singkat mengenai setiap alat tersebut.


·       Web Browser
Karena web ditampilkan dalam browser, tentunya browser merupakan perangkat utama yang harus dimiliki oleh seorang pengembang web. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian Browser dan Kode Klien, pastikan untuk memiliki setidaknya beberapa browser utama yang paling banyak digunakan.

·       Debugger
Dalam melakukan pengembangan, sering kali kita menemukan banyak masalah pada kode kita. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, biasanya kita harus dapat mengerti kenapa masalah bisa muncul, dan lalu mencari solusi dari permasalahan tersebut. Pencarian penyebab masalah dapat dilakukan dengan menjalankan program dan melihat hasilnya, ataupun dengan mencoba memanggil fungsi / program dengan isi parameter yang berbeda-beda. Berbagai teknik penyelesaian masalah tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui emph{debugger}.

2.     Metodologi Pengembangan Web
Metodologi adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kata metodologi banyak digunakan dalam manajemen proyek. Karena kesuksesan proyek juga ditentukan oleh pemilihan metodologi yang akan digunakan dalam proyek itu. Demikian juga dalam proyek pengembangan aplikasi website kita memerlukan metodologi yang tepat agar dapat menghasilkan aplikasi web sesuai yang diinginkan. Berikut Metodologinya :

·       Fase Requirement
Fase menentukan apa yang dibutuhkan, tujuannya, apa yang ingin dicapai, ada referensi atau contoh, sasarannya.

·       Fase penentuan feature dan fungsi
Pada tahapan menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

·       Fase pengumpulan data
konten, gambar, dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi.

·       Fase analisa dan perancangan
Pada tahapan ini mencoba menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan.

·       Fase coding
Pada tahapan ini adalah penulisan kode program.

·       Fase setup and testing
Pada tahapan ini melakukan setup di server dimana aplikasi web nanti akan akan dijalankan.

·       Fase launching
Pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka  akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya.

3.     Karakteristik Pengembangan Web
·       Application-related characteristics
o   Content
o   Hypertext
o   Presentations

·       Usage-related characteristics
o   Natural Context
o   Unpredictable technical infrastructure
o   Diversity and magnitude of user base

·       Development-related characteristics
o   Development Team
o   Development Environment
o   Legacy Integration
o   Process

·       Evolution-related characteristics

      2.     Bahasa Pemrograman Web

a)    Definisi Pemrograman Web
Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/ diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).

Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web dari pada aplikasi berbasis desktop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan :
·       Akses informasi mudah,
·       Setup server lebih mudah
·       Informasi mudah didistribusikan
·       Bebas platform, informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan

b)    Bahasa Pemrograman Web
1)    HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer dll.
Contoh Coding :
<html>
            <head>
            <title> Website bagus Punya</title>
            </head>
<body>
  Selamat datang di Web yang super keren!!!
</body>
</html>

2)    PHP
Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
Contoh coding :
<html>
            <head>
            <title> Website bagus Punya</title>
<body>
   <?php 
        echo “Selamat datang di Web yang super keren!!!”;
    ?>
</body>
</html>

3)    ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
Contoh coding :
<html>
<body>
   <%
      Response.write(“My first AASP script!”)
     %>
</html>

4)    XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5)    WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Langauge). WML adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
Contoh coding:
<?xml version="1.0" encoding="iso-8859-1" ?>
<!DOCTYPE wml PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD WML 1.3//EN"
   "http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.3.xml">
<wml>
    <card id="" title="">
       <p align="">
        </p>
</card>
</wml>

6)    JAVASCRIPT
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
  Contoh coding :
                        <script type="text/javascript">
                           alert("Halo Dunia!");
</script>

7)    CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Contoh coding:
<style>
#header {
            height: 155px;
            width:auto;
            background:#66F url(Adidas.jpg) no-repeat;
            position: relative;
            color: white;
            font-family:"Times New Roman", Times, serif ;
            border: 0px solid #000;
}
</style>

      3.     Kesimpulan

Setelah menulis artikel tentang Pengembangan Web dan Bahasa Pemrograman Web dari artikel diatas menurut saya banyak dari kit ayang belum banyak mengenal tentang bagaimana pengembangan web dan bahasa perogramannya  khususnya buat para pemula programmer seperti saya. Padahal banayk sekali keuntungan atau kegunaanya yang didapat jika menggunakan web dan mengetahui cara-caranya seperti diatas kita dapat mengetahui informasi di web-web yang terbaru, mengembangkan web dan masih banyak lagi. Untuk itu kita harus mempelajari tentang bahasa pemrograman web ini dan sering-sering update mengenai bahasa pemrograman ini karena bahasa ini akan mengikuti perkembangan zaman.

      4.     Daftar Pustaka



10 komentar:

  1. terima kasih artikelnya sangat membantu
    My blog

    BalasHapus
  2. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog
    My Campus

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Terimakasih artikelya sangat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentang bahasa pemograman.

    Kunjungin website kampus saya : Atma Luhur

    Website saya : Erna Ningsih

    BalasHapus
  9. terimakasih artikel sangat membantu untuk saya belajar dan mengetahui tentang programan.
    Kungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id


    BalasHapus
  10. wiihh.. thanks kak, udah dijelasin mengenai Pengembangan Web dan Bahasa Pemrograman Web. ini sangat bermanfaat bagi saya yang pemula.

    jangan lupa kunjungi website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id
    dan website saya : http://ninabella.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus