Senin, 06 Januari 2014

MASALAH SOSIAL



 TUGAS ILMU SOSIAL DASAR
MASALAH SOSIAL PERILAKU MANUSIA

Banyak sekali masalah sosial yang terjadi dilingkungan sekitar kita, salah satunya adalah masalah perilaku manusia, banyak sekali contoh masalah sosial perilaku manusia, yaitu masalah kurangnya tingkat kesadaran manusia mengenai membuang sampah sembarangan. Sebelum membahas mengenai perilaku manusia membuang sampah, kita harus mengetahui arti dari sampah, Sampah ini dapat diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Apabila sampah tidak dikelola atau tanpa ada pengelolaan sampah yang kurang baik, maka akan membawa dampak buruk bagi masyarakat sekitar, seperti  kita membuang sampah sembarangan dan bertumpuk dijalanan maupun di sungai maka akan menimbulkan berbagai penyakit, banjir, pencemaran lingkungan  dll. Masalah sampah saat ini memang merupakan suatu kendala dalam masyarakat ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Masalah sampah ini akan menjadi masalah sosial karena apabila dibiarkan menumpuk maka akan mencemari lingkungan.


1.      Penyebab yang ditimbulkan sampah :
  • Masyarakat kurang mengerti atau paham tentang pentingnya membuang sampah dengan baik
  •  Kurang banyak tempah pembuangan sampah, kurangnya tempat pembuangan sampah ini akan menimbulkan masyarakat membuang sampah secara sembarangan.
  • Volume sampah sangat besar dan tidak diimbangi oleh daya tampung TPA (tempat pembuangan sampah)  sehingga melebihi kapasitasnya dan membuat banyak sampah tidak terangkut ke TPA yang akan menimbulkan menumpuknya sampah di tempat pembuangan sementara (TPS).
  • Kurangnya sosialisasi dan dukungan dari pemerintah mengenai pengelolaan dan pengolahan sampah serta produknya dengan baik.
  • Manajemen sampah tidak efektif.

.
2.      Dampak yang ditimbulkan sampah :
  • Dampak bagi kesehatan   
Apabila kurang memadai TPS maka masyarakat akan membuang sampah sembarangan yang akan menimbulkan tumpukan sampah dan akan menimbulkan berbagai macam penyakit sepeti diare, jamur, sampah yang beracun dll.
  • Dampak bagi lingkungan sekitar
Sampah dapat menimbulkan pencemaran udara karena mengandung gas-gas yang terdapat dalam sampah yanga akan menimbulkan bau yang tidak sedap, dan selain itu juga terdapat daerah becek dan kadang-kadang berlumpur terutama apabila musim penghujan datang. Selain itu juga akan menimbulkan pencemaran air, pencemaran tanah, dll. 

  •   Dampak bagi Ekonomi dan social
·         Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan mengganggu kegiatan masyarakat.  
·         Menimbulkan dampak negative bagi kunjungan wisatawan karena pemandangan sampah yang berserakan dijalanan maupun di sungai.

3.      Solusi masalah sampah
  •  Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah sembarangan.
  • Mengurangi atau meminimalisasi barang yang dipergunakan atau yang sulit terurai oleh lingkungan. Karena semakin banyak barang yang dpergunakan maka akan semakin banyak sampah yang dihasilkan.
  •  Mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi suatu yang baru atau yang bermanfaat.
  • Mengganti atau beli barang yang lebih tahan lama dan yang ramah lingkungan.
  • Membangun tempat-tempat pembuangan sampah (TPS) dan (TPA) di setiap daerah.
  • Masyarakat harus membiasakan membuang sampah pada tempatnya dimanapun.
  • Pemerintah harus ikut serta membantu mengatasi masalah sampah.
  • Pisahkan sampah organik dengan anorganik.
 
Masalah sampah diatas adalah masalah sosial bagi kita semua atau seluruh umat manusia agar mengetahui bagaimana pentingnya membuang sampah sembarangan dan tata cara pengelolaannya dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah dan merugikan orang lain ataupun kita sendiri. Dan sehingga kita hidup nyaman dan tentram tanpa memikirkan masalah sampah tersebut. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar