Jumat, 10 Januari 2014

Stratifikasi Sosial atau Kelas Sosial


Tugas Ilmu Sosial Dasar Pertemuan 3

Stratifikasi Sosial berasal dari bahasa latin yaitu stratum yang berari tingkatan dan socius yang berarti teman atau masyarakat. Jadi secarah harfiah atau luas adalahtingkatan social yang ada pada masyarakat atau menggambarkan keadaan kehidupan masyarakat.  


Menurut Para Ahli

1.      Stratifikasi sosial menurut Pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis).
2.      Stratifikasi sosial menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
3.      stratifikasi sosial menurut Max Weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.

Stratifikasi social ini sama seperti kelas social atau golongan social yang berarti merujuk kepada perbedaan hierarkis (atau stratifikasi) antara insan atau kelompok manusia dalam masyarakat atau budaya. Pada umumnnya masyarakat memiliki golongan social.

Berdasarkan sifatnya, stratifikasi sosial di masyarakat ada dua:
  • Stratifikasi terbuka
Yaitu sistem stratifikasi yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berusaha dengan kemampuannya sendiri masuk ke kelas tertentu. Sistem ini terjadi karena:
·         perbedaan ras dan sistem nilai
·         pembagian tugas (spesialisasi)
·         kelangkaan hak dan kewajiban
  • Stratifikasi tertutup
Yaitu adanya pembatasan terhadap kemungkinan pindahnya kedudukan seseorang dari suatu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain.

Selain itu Menurut Mac Iver terdapat tiga pola umum sistem pelapisan kekuasaan yaitu:
  •      Tipe Kasta
Adalah sistem pelapisan kekuasaan dengan garis pemisah yang tegas dan kaku dimana hampir tidak terjadi mobilitas vertikal antar lapisan.
  •     Tipe Oligarkis
Adalah sistem pelapisan kekuasaan yang masih mempunyai garis pemisah yang tegas, tetapi dasar pembedaan kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyarakat, terutama kesempatan untuk memperoleh kekuasaan-kekuasaan tertentu.
  • Tipe Demokratis
Adalah tipe kekuasaan yang menunjukkan kenyataan akan adanya garis pemisah antara laipsan yang bersifat fleksibel. Kedudukan seseorang ditentukan oleh kemampuan dan kadang faktor keberuntungan.

Jadi dari wacana diatas dapat diberi kesimpulan tentang keadaan dilingkungan saya yaitu Perumahan Bumi Sani Permai RT/RW  01/014 setia mekar yaitu bahwa warga bumi sani permai menganut system pelapisan atau stratifiksi terbuka karena memberikan peluang pada warganya untuk membuat suatu perubahan di dalam lingkungan atau memberikan masyarakat kesempatan berusaha dengan kemampuannya sendiri. di lingkungan saya ini mempunyai tingkatan social atau kelas social mulai dari susunan pejabat dari tingkat rw dan rt serta jajarannya, pedagang atau wirausaha , polisi , tentara, ataupun sebagai karyawan swasta atau pekerja. Walaupun di lingkungan saya ini terdapat mempunyai pekerjaan yang berbeda-beda  atau mempunyai tingkat atau kelas social mereka  yang berbeda tetapi mereka tidak membeda-bedakan kelas social, sehingga warga masyarakat hidup rukun dan damai dalam bermasyarakat di dalam lingkungan sekitar seperti rt, rw dll..

Source
http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar